CPM adalah biaya per seribu tayangan di situs web tertentu dan digunakan untuk menentukan harga iklan online. Huruf "M" dalam CPM adalah singkatan dari mille, yang berarti seribu dalam bahasa Latin.

Berikut tentang cara kerja CPM dalam periklanan seperti dilansir dari The Balance Career .


Apa itu CPM?


CPM adalah istilah industri yang digunakan untuk membicarakan biaya tayangan iklan dalam iklan digital. Ini mengacu pada biaya 1.000 tayangan iklan di situs web. Seharusnya tidak bingung dengan istilah serupa lainnya seperti CPC (biaya per klik) dan CPA (cost per action).

Saat Anda membeli iklan digital, Anda dapat membayar berdasarkan CPM. Misalnya, Anda mungkin membayar Rp5000 CPM agar bisnis Anda beriklan di situs web. Jika iklan Anda memiliki 1.500 tayangan, Anda akan membayar Rp7.500.000.


Cara Kerja CPM

CPM digunakan untuk membeli dan menjual ruang iklan di media sosial, mesin pencari, dan situs web. Katakanlah Anda memiliki situs web, dan Anda ingin menjual ruang iklan. Jika situs web Anda baru dan memiliki lalu lintas yang relatif sedikit, Anda tidak akan menghasilkan banyak uang, sehingga CPM Anda akan sangat rendah. Jika situs web Anda memiliki lalu lintas tinggi, CPM akan lebih tinggi.

Ada dua jenis tarif CPM: tetap dan variabel. Tarif tetap lebih mudah digunakan karena Anda memiliki nilai pasti untuk dibandingkan dengan tayangan iklan yang dihasilkan. CPM variabel sedikit lebih sulit untuk digunakan, dan tarif ini akan berbeda berdasarkan topik situs web Anda, negara tempat Anda berada, pengiklan, dan sebagainya.

Mari kita lakukan perhitungan cepat: Anda memiliki situs web dan rata-rata 40.000 pengunjung dan 120.000 tampilan halaman per bulan. Jika pengiklan membayar CPM sebesar Rp45.000, Anda dapat menghitungnya dengan cara ini:

120.000 / 1.000 = 120

120 x CPM Rp45.000 =  Rp5.400.000

Kalikan itu dengan 12 dan Anda melihat situs web dengan nilai pendapatan iklan Rp64.800.000 per tahun. Ketika Anda mempertimbangkan jutaan tampilan halaman yang dilayani beberapa situs web setiap bulan, Anda dapat melihat betapa menguntungkannya pemasaran CPM.


Kritik terhadap CPM

Terkadang dikenal sebagai tampilan atau tampilan iklan, satu tayangan iklan terjadi saat server iklan diminta untuk menanggapi permintaan halaman dari browser pengguna. Ini tidak berarti iklan tersebut benar-benar dilihat oleh siapa pun. Beberapa pengiklan salah mengira bahwa tayangan iklan adalah iklan yang ditampilkan kepada pengguna (diperhatikan atau tidak) di situs web atau media online lainnya.

Tayangan iklan mungkin tidak sama dengan tampilan iklan sebenarnya karena beberapa alasan. Iklan yang ditayangkan mungkin tidak benar atau tayangan iklan mungkin berasal dari lalu lintas bot. Bot adalah perangkat lunak otomatis yang dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah lalu lintas.

Ada juga penipuan tayangan iklan. Dalam hal ini, penerbit situs web menyembunyikan iklan di balik iklan lain, yang menipu jaringan iklan untuk menempatkan iklan dengan CPM lebih tinggi di situs. Penayang juga dapat terlibat dalam penjejalan piksel, yaitu saat iklan dimasukkan ke dalam satu piksel, yang berarti secara teknis terlihat, tetapi tidak ada yang benar-benar dapat melihatnya. Hal ini meningkatkan jumlah tayangan iklan, bahkan lebih membebani pengiklan


CPM vs. CPC

CPMCPC
Biaya per seribu Biaya per klik
Cocok untuk visibilitas dan  promosi merekCocok untuk kampanye tertentu


Biaya per klik (CPC) adalah pilihan lain untuk iklan digital. Seperti namanya,  CPM mengharuskan pengiklan untuk membayar setiap kali seseorang mengklik iklan daripada setiap tayangan iklan.

CPM cenderung lebih murah, sedangkan CPC lebih berorientasi pada tindakan. Anda hanya membayar bila seseorang terlibat dengan iklan. Jika Anda mencari kesadaran dan visibilitas merek, CPM mungkin merupakan pilihan terbaik. Jika Anda berfokus untuk menjangkau audiens target dan membuat mereka mengambil tindakan, CPM mungkin lebih cocok.

Catatan

  • CPM adalah biaya per seribu tayangan di situs web tertentu dan digunakan untuk menentukan harga iklan online. 
  • CPM dapat digunakan untuk membeli dan menjual ruang iklan di media sosial, mesin pencari, dan situs web. 
  • Tayangan iklan adalah saat server iklan dipanggil dari browser. Itu tidak berarti siapa pun telah melihat iklan tersebut, karena ada penipuan tayangan iklan yang signifikan.. 
  • CPM adalah yang terbaik untuk kesadaran merek. BPK paling baik untuk kampanye yang lebih bertarget dan berorientasi pada tindakan.