Tips Menulis Judul Berita untuk Media Online



PENTINGNYA judul berita tidak boleh diabaikan, sedikit waktu yang dihabiskan untuk menemukan judul yang tepat dapat membuat banyak perbedaan.

Judul yang baik berarti lebih banyak orang akan mengklik artikel Anda di mana pun mereka melihatnya, itu memastikan bahwa upaya yang Anda habiskan dalam menulis artikel tidak sia-sia, dan juga dapat membantu konten Anda untuk diambil oleh mesin pencari di minggu dan bulan setelah penerbitan.

Berikut adalah beberapa area untuk dipikirkan ketika menulis berita utama. Perlu dicatat, bahwa ini bukan tentang menulis judul sensasi untuk keuntungan traffic jangka pendek, ini tentang memastikan bahwa, jika Anda menulis artikel berkualitas, judul berfungsi untuk menjualnya.


1. Judul berita harus deskriptif

Sangat erat kaitan antara jurnalisme dan search enhine optimization (SEO). Judul berita utama web harus bersifat deskriptif. Judul juga memiliki pengaruh besar pada peringkat dan untuk SEO.

Singkatnya, perlu memberi tahu orang apa yang dapat mereka harapkan dari artikel tersebut.

2. Hindari headline clickbait jelek

Definisi clickbait akan bervariasi, tetapi saya pikir banyak orang akan setuju tentang apa clickbait jelek itu.

Clickbait di sini maksud saya adalah menggunakan judul yang hiperbola, membelalakan mata, atau berhubungan dengan seks padahal tidak ada kaitannya sama sekali dengan konten. Biasanya, kata-kata yang digunakan pun tidak jauh-jauh dari embel-embel misalnya, “ASTAGA!”, “HEBOH”, atau frasa yang sensitif.

Ada jenis sampah yang muncul di banyak situs berita belakangan ini. Saking buruknya, imej tentang portal berita jadi ikut buruk hingga orang pum malas mengklik tautan yang kita bagikan di media sosial. 

Clickbait juga dapat merujuk pada tajuk berita yang tidak sesuai dengan isi berita. Terlalu banyak hiperbola.

Ya, tajuk utama harus memikat, tetapi ada keseimbangan untuk memolesnya. Jangan berlebihan. Berita utama yang menjanjikan dunia dan mendatangkan traffic hanya untuk mengecewakan tidak akan berfungsi sebagai strategi jangka panjang.

3. Pikirkan tentang panjang judul

Web, dengan berbagai cara, membatasi panjang judul berita Anda.

Google hanya akan menampilkan 55-60 karakter pertama dari judul halaman. Jadi harus diingat ketika membuat berita. Buat judul di bawah 55, karakter atau pertimbangkan apa yang akan terjadi jika judul terlalu panjang.
4. Pikirkan Media sosial 

Pertimbangkan batas karakter pada posting media sosial. Misalnya, jika Anda ingin tweet sebuah artikel, menambahkan URL dan gambar, maka tajuknya tidak boleh terlalu panjang.

5. Keterbacaan 

Lebih mudah untuk membaca dan mencerna judul yang lebih pendek dengan cepat. Jangan buat orang terlalu lama dan orang-orang cenderung malas membacanya.

Secara keseluruhan, saran saya adalah menjaga judul berita di bawah 60 karakter jika memungkinkan, terutama jika Anda ingin membuat konten yang selalu baru yang berfungsi dengan baik dalam hasil pencarian.

6. Jangan menjanjikan apa yang tidak bisa Anda berikan

Ini terkait dengan titik clickbait (judul lebay) sampai batas tertentu, tetapi Anda dapat menulis judul yang baik.

Sekarang, beberapa di antaranya bermuara pada kualitas. Jika Anda menawarkan apa yang Anda sebut sebagai berita bagus dan ternyata pembaca sudah membaca apa yang akan Anda tulis, dari banyak posting di internet. Tanpa banyak pemikiran atau detail orisinal, orang akan merasa seperti percuma mengklik tautan Anda karena mereka telah membaca dari web lain.

Jika Anda berani, Anda sebaiknya yakin bahwa konten Anda cocok dengan judulnya. 

7. Bersikap singkat

Seperti yang kita ketahui dari poin empat, ada sejumlah alasan untuk menjaga judul berita utama relatif singkat.

Luangkan waktu dan lihat berita Anda. Apakah setiap kata penting? Jika tidak, hapus.

8. Lihat apa yang banyak dibaca dan pelajari.

Lihatlah google analytic Anda, dan lihat artikel yang lebih banyak dibagikan di media sosial. Bisakah Anda melihat beberapa kecenderungan umum?

Saya akan mengatakan dalam semua kasus, judul memberi tahu pengguna apa yang diharapkan jika mereka mengkliknya. 

9. Tambahkan kata kunci ke berita utama

Aturannya adalah selalu memuat kata kunci di muka, tetapi ini dianggap kurang penting bagi Google sekarang. Namun masih bisa jika ingin menempatkan kata kunci dalam judul.

Ini akan membantu dengan peringkat, lebih cenderung digunakan sebagai teks jangkar jika orang menautkan kembali ke situs Anda, dan kata kunci ini juga dapat menarik perhatian audiens target Anda di situs sosial, di buletin atau di hasil pencarian.

Meskipun Anda akan menemukan banyak generator dan formula utama, penulisan judul tidak boleh terlalu otomatis.

Ada faktor-faktor kunci yang perlu dipertimbangkan, aturan yang patut diikuti dan beberapa hal yang harus dihindari, tetapi judul  juga harus mencerminkan kepribadian situs dan pemirsanya. 

Oce Satria/searchenginewatch

Redaksi TNCMedia

Support media ini via Bank Rakyat Indonesia (BRI)- 701001002365501 atau melalui Bank OCBC NISP - 669810000697

Posting Komentar

Silakan Berkomentar di Sini:

Lebih baru Lebih lama