Asal Usul Tanggal Merah dan Cara Mengaturnya di Ponsel




OceJournalNews -- Ternyata warna merah di kalender ini punya sejarah yang panjang. Dan itu datang turun temurun dari negara yang pernah menjajah Indonesia dulu: Belanda.

Belanda sendiri adalah negara bekas jajahan bangsa Romawi. Bangsa Romawi Kuno di Italia selalu berhenti beraktivitas di hari Minggu dan menjadikannya sebagai hari ibadah.

Selain itu, bangsa Romawi Kuno juga punya kebiasaan mewarnai merah hari-hari libur seperti hari Minggu. Dan haru-hari penting lainnya.

Kebiasaan ini kemudian diteruskan oleh Belanda ketika 350 tahun mereka menjajah Indonesia.

Itulah kenapa sampai sekarang semua kalender yang beredar di Indonesia selalu punya warna merah di setiap hari Minggu (dan Sabtu) serta hari libur.

Tidak hanya Indonesia, banyak negara lain di dunia yang juga menjadikan hari Minggu sebagai tanggal merah alias hari libur. Kecuali negara-negara Islam seperti Arab dan orang-orang Yahudi.

Tanggal merah buat keduanya adalah Jumat dan Sabtu. Sama seperti alasan orang Romawi Kuno dulu, Jumat dan Sabtu buat orang Arab dan Yahudi adalah beribadah.



Ini Cara Mengatur Tanggal Merah di Kalender Ponsel

Seiring pesatnya perkembangan teknologi membuat banyak orang jarang membeli kalender cetak. Sebagian ada yang membeli kalender cetak, namun sebagian lainnya mengandalkan kalender digital di ponsel.

Kalender yang tersedia di smartphone mungkin tidak mencantumkan tanggal merah atau hari libur nasional seperti yang tertera pada kalender cetak. Kalender digital di ponsel sebenarnya dapat menampilkan tanggal merah, tetapi harus diatur terlebih dahulu.

Berikut tips mudah untuk menampilkan tanggal merah di kalender smartphone Anda seperti dikutip laman Mashtips.


1. Masuk ke situs Google Calendar dan login dengan akun Google Anda.|

2. Pilih menu Add Other Calendars dan klik Browse Calendars of Interest.

3. Kemudian Anda harus memilih tempat Anda tinggal dengan mengklik tanda centang pada kolom Regional Holidays atau cari kalender libur Indonesia seperti Holidays in Indonesia. Setelah berhasil Anda dapat mengatur warna hari libur yang nantinya ditampilkan dengan warna merah.

4. Setelah itu Anda harus membuka menu Setting > Accounts pada ponsel dan pilih Google. Anda harus berlangganan Google Calendar terlebih dahulu untuk menerapkannya pada kalender digital di ponsel Anda. Pada bagian Sync Calender atur menjadi tanda ON.

5. Pengaturan pun selesai dan hari libur nasional sudah langsung tersinkron di ponsel Anda. Agar lebih mudah, atur Google Calendar menjadi widget di layar ponsel Anda.(*)



Dari berbagai sumber

Redaksi TNCMedia

Support media ini via Bank Rakyat Indonesia (BRI)- 701001002365501 atau melalui Bank OCBC NISP - 669810000697

Posting Komentar

Silakan Berkomentar di Sini:

Lebih baru Lebih lama